TOKOH : Ronny Hartono, Taklukkan Gunung dengan Sepeda Onthel

Rate this item
(0 votes)

Tak banyak orang yang mengenal Ronny Hartono, 34, warga Desa Purwosari RT 001/RW I, Kecamatan Patebon, Kendal, Jawa Tengah. Namun bagi komunitas sepeda onthel dan komunitas pecinta alam, namanya sudah menjadi buah bibir. Bagaimana tidak, ia sudah mendaki 19 gunung di Jawa, Bali serta NTB dengan hanya mengendarai sepeda onthel bermerek Philip buatan Inggris keluaran tahun 1946 warisan dari kakeknya. Dan Sabertooth sangat beruntung dapat mensupportnya pendakiannya di gunung Lawu, Arjuna, Marapi dan Ungaran.

Sebelumnya ia sudah melakukan pendakian di gunung Ceremai, Gede, Selamet, Sindoro, Sumbing, Merbabu, Pelirang, Mahameru, Agung, Rinjani, Guntur dan Kerinci. Mendaki gunung menggunakan sepeda, terang Roni memiliki tantangan tersendiri. Berbeda dengan mendaki pada umumnya, dengan membawa sepeda onthel ia bukan hanya memikirkan kesiapan fisik untuk sampai di puncak, namun juga ia harus mengakali bagaimana membawa sepeda yang dikendarainya bisa juga sampai ke puncak. Ronny mengaku saat mendaki gunung ia biasa berkoordinasi dengan pecinta alam di daerah yang ia kunjungi dan terkadang para anggota mapala banyak yang ingin mendampinginya.

Roni bercerita, awal pendakian dilakukan terasa sangat sulit sekali. Selain karena trek atau jalur pendakian yang tak rata, ia pun sama sekali buta tentang bagaimana cara mengangkut sepeda sambil mendaki. "Susah sekali naiknya, kita tak tahu trek dan medan. Sistemnya pakai tas carrier, awalnya saya lepas roda depan dan belakang, tapi masih terasa sulit.           Setelah sampai di gunung keempat baru tahu gimana bawanya," ucap Roni.

Di gunung keempat ini, Roni akhirnya tahu, membawa sepeda paling sederhana untuk mendaki adalah dengan cara memanggul, layaknya orang yang memanggul karung beras di pasar. Meski sudah mendapatkan cara paling nyaman, bukan berarti pendakian yang dijalaninya lantas mudah. Tak terhitung, ia jatuh bangun akibat hilang keseimbangan, hingga kepala terbentur tebing, pohon dan bahkan sepeda yang dibawanya.

Dari semua gunung yang sudah didakinya menggunakan onthel ini, Roni mengatakan jalur yang paling ekstrem adalah saat mendaki Gunung Kerinci Jambi. ‘’Wah, di sana paling ngeri. Dari shelter 1 ke shelter 2, kena hujan besar. Memanggul sepeda, mau menaikannya sulit sekali. Bisa menghabiskan waktu 15 sampai 20 menit untuk menaikkan saja. Di sana juga tak sekalipun sepeda bisa dikendarai,’’ tutur Roni.

Mendaki puncak gunung dengan onthel adalah ekspedisinya yang keempat. Ekspedisi pertamanya, jalan kaki keliling Indonesia dijalaninya selama lima tahun, lima bulan empat hari. Kemudian ekspedisi kedua, mendaki enam puncak Nusantara, selama satu tahun tiga bulan, ekspedisi ketiga, menjelajah empat penjuru mata angin di Nusantara menggunakan onthel, empat penjuru itu yaitu ujung barat di Pulau We Sabang, ujung timur di Sota Merauke, ujung selatan di Pulau Rote NTT, dan ujung utara di Pulau Miangas Sulawesi Tenggara.

Setelah Indonesia, petualangan lebih besar  dan menjadi puncak dari perjalanannya selanjutnya ingin ia capai. Roni berencana bisa mendaki dan menyentuh puncak Gunung Kilimanjaro nun jauh di Afrika " Itu lagi yang saya mau. Saya masih cari cara untuk ke sana. Mudah-mudahan ada yang mau bantu mensponsori," pungkasnya penuh harap.

Dari berbagai sumber

Read 170991 times
You are here: Home SaberBlog TOKOH : Ronny Hartono, Taklukkan Gunung dengan Sepeda Onthel

Contact Us

SMS : 0877 60 8000 60

---------------------------------

SMS/Call/Whatsapp :

0856 222 5678

---------------------------------

BBM : 75D0E0D6

---------------------------------

LINE : sabertoothxtadv

---------------------------------

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

-------------------------------

Facebook :

fb.me/sabertoothxtadv

-------------------------------

Kaskus :

kask.us/ha3M3

-------------------------------

Testimonial

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

"Gue pernah beli kira2 sethn yang lalu ,tp sayang waktu beli dulu model & warna belum selengkap sekarang. Tapi yg jelas ane puas sampe sekarang sandal masih awet." rhamadz

"sendal ini manteb bet, menurut gw lbh nyaman dari eige* malah. Kemaren abis dipake rafting dan outbound dan terbukti sip markosip." blood-raven

"sendal manteb pisan.. Pas pertama kali nyobain.. Lgsg terkaget2.. Enak bgt.. Pas bgt dikaki.. Dijamin memuaskan.. :D pokokny klo ad yg msh ragu2.. Udah ilangin aj ragu2ny krn brg2ny manteb bgt.. Export quality.." ribro

"bru beli lngsng aku pke bwt backpackeran jogja - subang - jkt,,,nyaman & kayaknya lbih empuk ya upper sole nya,,walo temen2 yg laen pd pake eig*r smua,ttp pede pke sabertooth." endlessdiare

"Ampe skr sandalnya awet!! mngkin dah setahunan.. Lolos uji test pasir pantai,air laut,hujan,bebatuan..Ringan.Yg suka travelling cocok banget." pokemontok

Snap Info

  • 1
  • 2

Ingin menjadi reseller, baik toko offline maupun online ? Dropshipper ? Hubungi no. kontak yang tersedia.

Kami siap membantu

klik disini


Mau belanja online produk-produk Sabertooth atau sekedar cuci mata ? klik link menu product diatas atau klik disini